Fashion

Aturan Dasar Pembuatan Jilbab Sesuai Syariat

Hijab atau yang sering disebut kerudung adalah salah satu bagian jilbab yang harus dikenakan oleh seorang muslimah ketika hendak bertemu atau dilihat oleh lelaki selain muhrimnya. Pemakaian jilbab tidak hanya sekedar kebutuhan sandang belaka. Namun lebih jauh dari itu, dipakai dengan dasar keimanan sebagai bukti ketaatan seorang muslimah terhadap aturan syariat agama islam yang sduah digariskan pada al-qur’an dan hadist sebagai pedoman aturan-aturan hokum umat islam. Oleh karena itu, pemilihan bahan, pembuatan model, dan pemakaian jilbab tidak sembarangan. Namun harus memenuhi aturan khusus yang sudah digariskan. Semua aturan pemakaian jilbab di dalam ajaran islam bertujuan untuk menjaga kehormatan dan harga diri seorang muslimah.

 

Atas dasar alasan di atas, belakangan ini para disainer muslimah di Indonesia khususnya melabeli salah satu karyanya dengan kata-kata syar’i. Mungkin hal itu dilakukan dengan tujuan untuk membedakan jilbab yang benar-benar sesuai aturan syar’i dan jilbab yang masih belum memenuhi aturan syar’i. Berikut adalah beberapa aturan dalam pembuatan jilbab yang disyariatkan dalam al-qur’an dan hadist.

  • Menutupi seluruh tubuh wanita kecuali telapak tangan dan muka.
  • Tidak menampilkan lekuk tubuh sehingga desain yang dibuat harus longgar atau tidak ketat
  • Warna yang dipilih tidak boleh warna-warna yang terlalu menyala sehingga menjadi pusat perhatian
  • Tidak menyerupai pakaian lelaki.

Selain  ketiga aturan dasar tadi, para disainer busana muslimah bebas berkreasi membuat jilbab yang nyaman dikenakan dan memiliki nilai estetis yang tinggi. Jadi, ketiga aturan dasar pembuatan jilbab tidak harus langsung dibuatkan seperti apa adanya aturan tadi tanpa ditambah ide kreatif dan insting seni seorang disainer. Karena kalau hal itu dilakukan, hanya akan menghasilkan satu model jilbab yang kurang diminati karena kurang memiliki nilai estetis. Namun kenyataan di Indonesia membuktikan bahwa para disainer muslimah mampu menciptakan jilbab yang nyaman dipakai dan memiliki nilai estetis tinggi tapi tidak melanggar aturan dasar yang telah ditetapkan.

Related Articles