Fashion

Tips Merawat Batik Agar Warnanya Tetap Awet

Batik merupakan ciri khas budaya bangsa, jaman dahulu kala batik tidak dapat digunakan oleh sembarang orang, hanya orang – orang tertentu saja yang dapat mengenakan batik. Orang tersebut adalah kaum bangsawan ataupun keluarga raja saja yang dapat menggunakannya. Sehingga batik memiliki motif dan warna yang cantik dan elegan.

Namun warna cantik dan elegan yang dimiliki oleh batik anda akan mudah pudar jika anda memperlkukan batik anda dengan cara yangkurang tepat. Warna batik dapat pudar jika batik anda terkena panas, baik itu saat menjemur ataupun saat menyetrika. Oleh karena itu berikut adalahbeberapa trik yang dapat anda lakukan kepada batik anda agar warnanya tetap awet :

  1. Jemurlah batik anda  dengan terlindungi dari terik sinar matahari secara langsung. Agar warna batik anda tetap baik biarkanlah batik anda kering dengan hanya diangin – angin saja jangan biarkan batik anda terkena sinar matahari secara langsung.
  2. Lapisi batik anda ketika di setrika dengan menggunakan kertas ataupun kain lain, jangan lengsung terkena setrika dengan panas yang cukup tinggi. Hal ini dapat merusak warna batik anda, selain dari itu akan membuat serat kain batik anda menjadi rusak.
  3. Sebelum menyetrika baitk anda, anda dapat menyemprotkan sedikit air pada batik anda sehingga warna kain batik anda tetap awet.

Selain melakukan beberapa hal diatas, anda juga harus menghindarkan batik anda terkena bahan kimia dengan formula yang sangat keras. Seperti detergen dan terutama penutih pakaian.karena kedua jenis bahan tersebut dapat merusak warna batik anda. untuk menggantinya anda dapat menggunakan shampo ataupun sabun mandi untuk mencuci batik anda. hidarkan pula mencuci batik anda dengan menggunakan mesin cuci karena akan merusak struktur kain batik anda. lakukanlah pencucian dengan manual yaitu dengan mengucek batik dengan tangan tanpa diperas dengan berlebihan.

Batik merupakan kain yang sangat indah, dan merupakan warisan leluhur yang harus kita jaga, namun kita juga perlu merawatnya dengan ekstra untuk menjaga kualitas batik kita.

Related Articles

Check Also

Close