Tips Perawatan Batik
Posted on: December 16, 2016, by : disneylanddream

Apakah ada pernah memiliki baju atau kain batik yang berwarna pudar dan tidak sebagus ketika anda pertama kali membelinya. Jika hal teresebut terjadi mungkin anda telah salah merawat atau memperlakukan baju batik anda. Batik merupakan baju ataupun kain yang dibuat sedemikian sehingga sehingga memiliki motif cantik dengan warna yang menarik. Untuk menjaga dan mempertahankan warna dan motif batik agar tetap indah anda harus memperlakukannya berbeda dengan pakaian yang lain.

Warna yang ada pada kain atau baju batik terbuat dari bahan pewarna, baik pewarna alami ataupn pewarna sintetis. Sehingga jika kita mencuciny dengan cara yang salah maka waranya akan cepat luntur. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat lakukan untuk merawat batik anda adar tidak cepat pudar :

  1. Hindari mencuci kain batik dengan menggunakan detergen biasa ataupun detergen untuk mesin cuci, karena kedua jenis detergen tersebut memiiki formula yang lebih keras. Gunakanlah sabun mandi atapun shampo untuk mencuci bauju batik anda.
  2. Hindari mencuci kain batik dengan menggunakan sikat baju, anda cukup menguceknya dengan tangan pada bagian yang terkena noda hingga nodanya hilang.
  3. Hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci baju, mesin cuci bekerja dengan mesin dengan daya yang sangat besar, sehingga akan membuat baju batik kita cepat luntur karena warna yang terkandung dalam baju cepat larut di dalam air ketika menggiling.
  4. Hindari menjemur baju batik di bawah sinar matahari secara langsung, sinar matahari teutama ketika siang sangatlah terik sehingga katika anda menjemur baju batik anda langsung di bawah sinar matahari akanmembuar baju bati anda cepat pudar.
  5. Hindari mengeringkan baju batik dengan pengering mesin cuci, taupun mengeringkan dengan tangan dengan perasan yang amat kuat, hal ini dapat merusak struktur kain batik.

Dengan melakukan beberapa hal di atas anda dapat mempertahankan baju batik anda tetap indah dengan warna yang tetap seperti baru. Lakukanlah beberapa hal diatas terutama jika batik anda merupakan batik tulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *