Kesehatan

Pentingnya Asam Lemak untuk Nutrisi Otak Anak

Pada dasarnya, yang namanya susu mengandung sejumlah asam lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh terutama untuk tumbuh kembag si kecil. Adalah asam lemak omega 3 dan omega 6 yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga harus didapat dari sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Dan salah satunya adalah susu dimana kandungan omega 6 dan omega 3 ini cukup banyak ada di sejumlah produk susu. Meski demikian, agar nutrisi otak anak semakin optimal maka sebaiknya tetap mengkombinasikannya dengan makanan sehat serta bergizi.

Namun satu hal yang patut diketahui oleh para bunda saat memberikan susu buat si kecil. Meskipun omega 3 dan omega 6 tidak diproduksi oleh tubuh, namun bukan serta merta aturan minum susu tidak diikuti. Apalagi, setiap anak masing masing memiliki kebutuhan gizi yang berbeda beda sehingga sangat perlu diketahui berapa kebutuhan susu tersebut.

nutrisi otak anak
nutrisi otak anak

Keunggulan dari susu sebagai nutrisi otak anak adalah selain memiliki kandungan omega 3 dan omega 6, ada juga protein, kalsium serta berbagai vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh perkembangan anak. Istilahnya, sekali minum susu semua kebutuhan gizinya akan terpenuhi. Tapi, bukan serta merta pula para bunda menggantungkan kebutuhan nutrisi ini lewat susu saja. Akan tetapi, aneka menu makanan dengan gizi seimbang adalah komposisi yang harus ada.

Adapun pemberian susu sebaiknya ditentukan oleh usia, jenis kelamin, serta tinggi dan berat badan anak. Nah, agar bunda tahu berapa persisnya kebutuhan nutrisi anak, maka sebaiknya bunda konsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis gizi klinik atau dokter spesialis anak. Melalui rekomendasinya, bunda akan mengetahui bagaimana mengatur pola makan yang tepat serta memberi asupan susu yang dibutuhkan oleh anak.

Terkadang, bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi serta gizi bisa tidak dikonsumsi oleh anak dikarenakan cara memasaknya. Untuk itu, sangat diperlukan bagi bunda agar lebih mengkreasikan menu sehari hari menjadi kesukaan si kecil tan[a mengurangi gizi serta nutrisi otak anak.